Tentang Open Data Kota Bekasi

Apa Itu Open Data? Open Data menurut definisi Open Definition adalah data yang secara bebas dapat digunakan, digunakan-ulang (reusable) dan didistribukan kembali (redistributed) oleh siapa saja. Data harus tersedia dalam bentuk yang nyaman dan dapat dimodifikasi serta dapat digabung dengan data lainya. Definisi Open Data diatas, selain mensyaratkan tiadanya diskriminasi untuk mendapatkan data dari setiap lapisan masyarakat, juga memastikan adanya unsur interoperabilitas. Interoperabilitas berarti data yang disajikan oleh suatu institusi saling kompatibel dengan data dari institusi lainnya. Sehingga data, atau sebagian dari data dapat digabungkan dengan data lainnya sehingga membentuk suatu set data yang besar. Kemudahan akses juga menjadi unsur penting untuk open data. Salah satu cara unutuk memudahkan akses adalah dengan mengembangkan Application Programming Interface (API) publik. API menyajikan set instruksi dan fungsi interface ke database. Deengan menggunakan API , seorang pengembang dapat menciptakan web dan program aplikasi mobile yang inovatif. Aplikasi yang memanfaatkan open data selanjutnya dapat dimanfaatkan dengan mudah oleh masyarakat umum.

Open Data Kota Bekasi Open Data Kota Bekasi merupakan inisiatif dan komitmen Pemerintah Kota Bekasi untuk mewujudkan Bekasi Juara dan Bekasi Smart City. Inisiatif ini merupakan hasil kerjasama Pemerintah Kota Bekasi, dalam hal ini diwakili oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian dengan beragam komunitas baik lokal, nasional bahkan Internasional.

Kontak dan Narahubung Dinas Komunikasi dan Informatika, Pemerintah Kota Bekasi u.p Bidang Komunikasi dan Informasi Publik Untuk Informasi lebih lanjut Seputar kumpulan Data Kota Bekasi dapat menghubungi tim Portal Data Terpadu Pemerintah Kota Bekasi melalui:

Jl. A.Yani No.2, RT.004/RW.016, Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17144 Email : info@bekasikota.go.id Telp : (021) 88961767